Langkah Dan Tips Lolos PPPK

Langkah Dan Tips Lolos PPPK. Bagi seorang guru honorer menjadi seorang guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) merupakan suatu impian yang sangat ditunggu-tunggu. Pasalnya banyak keuntungan yang dapat diperoleh dengan menjadi seorang PNS seperti tunjangan hidup, gaji yang cukup dll. Namun pada kenyataannya tidak semua lulusan pendidikan profesi guru (PPG) dapat secara langsung menjadi seorang guru PNS melalui seleksi CPNS. Hal ini dapat di sebabkan oleh terbatasnya kuota guru PNS yang diambil dari seleksi CPNS tersebut. Sehingga tidak sedikit diantara mereka yang tidak lolos seleksi akhirnya menjadi guru honorer dengan penghasilan yang minim.

Saat ini pemerintah bersama Kementrian dan Kebudayaan (Kemendikbud) menciptakan PPPK guna mengangkat kesejahteraan guru honorer. PPPK merupakan warga negara Indonesia yang memenuhi syarat tertentu, lalu diangkat berdasarkan perjanjian kontrak kerja dalam waktu tertentu. Sesuai peraturan perundang-undangan, PPPK diangkat pada jabatan tertentu untuk menjalankan tugas jabatanya tersebut. Besaran gaji PPPK diperoleh dari besaran gaji sebelum dipotong dengan pajak sesuai ketentuan PERPU di bidang pajak penghasilan. Selain itu, PPPK juga mendapat tunjangan seperti PNS yang terdiri dari tunjangan pangan, jabatan fungsional, keluarga dll. simak juga tentang PPPK 2021

Tahun ini, pemerintah bersama Kementrian dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan mulai membuka pendaftaran seleksi guru PPPK 2021. Guru PPPK merupakan tenaga pendidik bukan PNS yang diangkat berdasarkan perjanjian kerja dalam waktu tertentu guna melaksanakan tugas mendidik. Hal ini merupakan upaya pemerintah dalam menyediakan kesempatan bagi guru honorer berkompeten untuk memperoleh gaji yang layak. Tentu kamu tidak mau melewatkan kesempatan ini bukan?  Maka dari itu, artikel ini akan membahas beberapa tips untuk kamu agar lolos PPPk tahun ini.

lolos PPPK
lolos PPPK

Berikut Tips dan Trik Lolos PPPK Buat Kamu

Mencermati Kualifikasi Lowongan Yang Tersedia

Penerimaan PPPK tahun ini akan berfokus pada profesi guru. Menurut Kemendikbud, jumlah guru di sekolah negeri ataupun swasta masih belum memenuhi target awal. Menurut kabar yang beredar pemerintah akan merekrut 1 juta guru honorer untuk menjadi guru PPPK. Tidak hanya profesi guru, masih banyak jabatan yang ditawarkan seperti Administrator Database Kependudukan, Analisis Ketahanan Pangan, dll. Namun perlu diketahui, bahwa dari jabatan-jabatan tersebut harus disesuaikan dengan kebutuhan instansi baik itu tingkat daerah maupun pusat.

Siapkan Keperluan Administrasi Dengan Matang

Untuk dapat lolos PPPK, kamu perlu mempersiapkan segala macam dokumen yang disyaratkan dalam seleksi tersebut sebaik mungkin. Jika perlu buatlah list yang berisi dokumen apa saja yang perlu dilampirkan agar kamu tidak lupa. Seperti pendaftaran tahun lalu, semua berkas dokumen tersebut dilampirkan secara online. Sehingga kamu perlu membuat akun pada laman resmi sscasn dan tekan tombol SSP3K. Lalu kamu diperintahkan untuk mengisi data diri selengkap mungkin, namun perlu diperhatikan tentang penulisanmu jangan sampai salah.

Pahami Materi untuk Seleksi lolos PPPK

Tips yang terakhir adalah kamu perlu memahami dan mempelajari tentang materi yang akan muncul saat ujian kompetensi pada seleksi nanti. Hal ini nantinya akan membantu kamu dalam menyelesaikan semua persoalan pada ujian tersebut. Seleksi kompetensi nantinya akan dilaksanakan secara sistem Computer Assisted Test (CAT). Terdapat tiga jenis kompetensi yang akan diujikan nanti yaitu kompetensi manajerial, teknis, dan sosial kultural. Selain ketiga ujian tersebut, nantinya kamu akan menghadapi tes wawancara pada tahap akhir.

Itulah beberapa tips dan trik agar lolos PPPK yang perlu kamu ketahui. Dengan begini kamu dapat mempersiapkan diri lebih awal untuk mengikuti PPPK 2021. Demikian, semoga bermanfaat.

www.bimbelcpns.net
Bimbel Persiapan CPNS Terbaik