7 Tips dan Trik Cepat Kerjakan Soal TIU

Dalam seleksi CPNS, ada beberapa seleksi yang harus ditempuh terlebih dahulu. Pada seleksi kompetensi dasar (SKD), terdapat 3 tes yang harus dikerjakan, antara lain Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Karakteristik Pribadi (TKP), dan Tes Intelegensia Umum (TIU). Tentunya para peserta sudah pasti mencari tips dan trik dalam mengerjakan soal-soal tersebut, salah satunya tips cepat kerjakan soal TIU.

Di dalam soal TIU sendiri ada beberapa garis besar soal, seperti mengenai kemampuan verbal analogi, analisis, dan silogisme. Kemudian ada kemampuan numerik berhitung, perbandingan kuantitatif, deret angka dan soal cerita. Selain itu juga mencakup ketidaksamaan, figural analogi, dan serial.

Total waktu yang diberikan untuk mengerjakan SKD ini adalah 100 menit. Oleh sebab itu, Anda harus mengetahui berbagai tips dan trik agar bisa memanfaatkan waktu dengan baik. Berikut ini ada beberapa tips dan trik agar bisa cepat dalam menjawab soal TIU.

Beberapa Tips dan Trik Cepat Kerjakan Soal TIU

Mengerjakan Soal Paling Mudah Terlebih Dahulu

Tips dan trik cepat kerjakan soal TIU yang pertama adalah dengan  mengerjakan soal paling mudah terlebih dahulu. Hal ini tentu saja bermaksud untuk bisa membuat Anda tidak hilang fokus. Jadi, ketika menemukan soal yang dirasa sulit, bisa dilewati terlebih dahulu.

Mengerjakan dengan Tenang dan Tidak Terburu-buru

Meskipun memang waktu yang diberikan tidak terlalu banyak, tapi jangan sampai Anda mengerjakan soal secara terburu-buru. Apalagi jika sudah memasuki silogisme, tentunya dibutuhkan penalaran yang baik. Jika dikerjakan dengan terburu-buru sudah pasti kesimpulan yang ditarik akan tidak sesuai. Baca juga CPNS 2022 membuka pendaftaran untuk tenaga kesehatan dan PPPK saja.

Memahami Pola Premis

Dalam soal TIU, ada tes silogisme yang memang lebih berfokus pada pengambilan simpulan secara logis. Biasanya pada tes ini ada beberapa pola premis yang sering muncul. Premis tersebut dibedakan menjadi premis mayor dan minor. Sebelumnya, Anda harus paham dulu mengenai kedua jenis premis ini.  

Premis mayor sendiri adalah premis dengan term-nya menjadi predikat, sedangkan premis minor term-nya menjadi subjek. Ada banyak sekali contoh soal mengenai premis. Agar cepat kerjakan soal TIU, maka pahami dulu premis ini dengan baik.

Memperhatikan Soal dan Bangun Hubungan yang Tepat

Tips dan trik lain yang perlu Anda lakukan adalah dengan memperhatikan soal. Nah biasanya hal ini akan sangat bermanfaat untuk mengerjakan tes soal analogi kata. Di sini, Anda bisa menghubungkan kata dalam pasangan yang diberikan untuk membantu mengungkap hubungan kalimat atau frasa.

Mengidentifikasi Beberapa Aspek

Nah, dalam mengerjakan analogi kata, Anda juga harus bisa mengidentifikasi beberapa aspek dari beberapa pilihan. Sebab, akan ditemukan beberapa pilihan jawaban yang sekilas benar. Anda bisa mengidentifikasi aspek dari hubungan antar kata dengan pilihan jawaban yang ada.

Membaca Semua Pilihan dengan Baik

Kadang, karena ingin cepat kerjakan soal TIU tidak sadar bahwa sering memutus pilihan. Maksudnya adalah karena sudah merasa mendapat jawaban yang pas, maka pilihan jawab lain tidak diperhatikan sama sekali. Hal ini tentu saja tidak dibenarkan. Akan lebih baik jika membaca semua pilihan terlebih dahulu.

Menemukan Ide Pokok dalam Paragraf

Terakhir, jika sudah memasuki soal analitis, maka Anda harus bisa menemukan ide pokoknya terlebih dahulu. Ide pokok inilah yang akan mempermudah Anda dalam menentukan jawaban yang tepat.

Nah, demikianlah beberapa tips dan trik cepat kerjakan soal TIU.

www.bimbelcpns.net
Bimbel Persiapan CPNS Terbaik